diyas journal

a story, a poem, and a whatever

Sepenggal Cerita Di Ibukota

Well, ceritanya tanggal 27 kemaren ada tes rekrutmen di Astra International, di daerah Sunter Jakarta Utara. Berhubung gw tesnya pagi, kudu nginep donk? Alhasil cari cari yang bisa ditumpangi barang semalem dua malem deh. Dapet tuh temen anak tetangga yang udah disono, jadi gw tumpangi aja dia. Kosannya yah, bukan menumpangi yang laen laen. Ntar salah paham lagi.

Singkat cerita, gw dari Bandung naek travel jurusan Cempaka Mas, nah disitu gw janjian ma temen gw, trus jalan ke kosan doi. Pas di kosan, berhubung kosan baru, dia satu kosan 4 lantai 20 kamar, cuma sendirian. Jadi kuncen tuh dia, dan anehnya gak takut !!! gw gak ngerti apa dia udah bisa berkomunikasi sama makhluk halus (tepung, terigu, bedak, dll) (kunti, demit, genderuwo, tuyul, dll) atau emang muka dia lebih serem dibanding para gaib-ers itu gw gak berhak menjawabnya, biar itu jadi rahasia temen gw dan para gaib-ers.

gaib-ers = yang gaib gaib.

Nah pas hari H nya tanggal 27, gw pagi pagi udah bangun gara gara suara adzan shubuh (subhanallah sekali kan gw?), yang gokil adzan shubuh nya, kuenceeeeeng banget, berasa yang adzan Candil “eks-Seurieus”. Ya, mau gak mau gw beranjak juga dari kasur penuh nista itu (loh?).

Bis mandi dan siap siap, gw ma temen gw cabut. Dia ke kantor, gw ke tempat tes. Berhubung gw gak tau dimana tempat tes gw, ojek adalah salah satu pilihan terbaik. Karena beredar rumor, kalo tukang ojek udah pasti paham daerah jajahannya, jadi gw dengan penuh percaya diri bareng temen gw, nyamperin pangkalan ojek ybs.

Berkatalah temen gw ke tukang ojek itu, “Bang, ke AI yah”.

Lah si tukang ojek yang gayanya bak model jaman Ongky Alexander itu, dengan baju kuning ngejreng (kalo ga salah), celana baggie, kotak kotak, kalung rante, plus kacamata item yang gede banget itu menjawab, “hah? dimana itu ya”.

Goblok juga nih tukang ojek, masa gak tau, orang daerah situ2 juga, koq, temen gw jadi gak yakin, nih tukang ojek beneran apa jadi jadian. Dia kasi tau tuh rute nya ke si abang kece itu, dengan detail banget. “Ngerti kan bang?” temen gw agak keras ngomongnya, biar manteb.

Si tukang ojek, manggut manggut doank, trus bilang, ” Oh iya tau tau, yang disitu kan?, hehehe, maklum saya lagi sakit mata, jadi agak bingung.” Nah disini sumpah absurd banget, sejak kapan sakit mata mempengaruhi kelemotan seseorang?

Dan pergilah gw bersama si tukang ojek nyentrik itu, temen gw sih jalan kaki, kantornya deket soalnya. Nah, di jalan gw agak was was nih sama cara bawa motor si tukang ojek, masa bawa motor layaknya bawa domba garut !!! Srudak sruduk gitu, gigi 1 digeber sampe 60 km/jam !!! bis itu ganti gigi 2 !!! emang sableng tuh tukang ojek, selap selip mobil dan motor juga udah berasa Valentino Rossi aja dia. Skill salip menyalip udah oke, cuma beda nasib ama beda muka aja. Tapi akhirnya gw selamet juga di tempat tes, dan gak telat. Thanks to Abang tukang ojek.

Pas tes, gw ketemu temen lama, dan kenalan sama orang orang senasib yang mau tes juga, gayanya macem macem, ada yang haha hihi sama tiap orang, ada yang sok sok baca buku, ada yang pacaran (tes bareng sama pacarnya), ada yang diem khusyuk (baca baca doa nampaknya). Pas tes tahap 1 (psikotest) beres yang lolos cuma 25 orang dari sekitar 50 an, ya setengahnya lah, pas nunggu tes tahap 2 (intervew dan FGD) , kita makan siang di kantin, kantinnya keren abis.

Nah beres makan siang, gw sama salah seorang temen disitu duduk di luar gitu sambil ngudud, pas mau masuk lagi, entah kenapa tuh kaca yang emang cukup bening, gak keliatan, jadi gw berasa jalan biasa aja, tiba tiba JDUAAAAK !!! gw nabrak kaca, gw kira itu pintu, ternyata pintunya di sebelahnya, mampus gw jadi bahan tertawaan orang orang sekantor, mana pas istirahat lagi, kan rame banget tuh, sial !!! gw jaga image aja sambil cengengesan, sok sok gak apa2 padahal jidat gw benjut dan nyut nyut an.

Pas balik tes, gw cari ojek motor gak ada yang ada ojek sepeda, rasa gengsi gw yang cukup tinggi, menahan gw untuk naek ojek sepeda, trus milih nebeng temen yang bawa mobil, biar adem pake AC, hahaha, gratis pula. Jarak yang bisa 10 menit dicapai dari tempat tes ke kosan temen gw, berubah jadi 1 jam lebih, akibat NYASAR !!!, tuh temen yang gw tebengi ternyata buta arah juga sama kaya gw, dia orang Bekasi, mampus kan gw? gw bilang ma dia “pokoknya lu turunin gw di Cempaka Mas deh, tau kan?”. “Oh tau kalo itu sih”, temen gw meyakinkan banget.

Dah tuh, lama banget akibat macet dan muter muter cari jalan, pas ada keliatan tulisan “RUKO CEMPAKA MAS” gw diturunin, karena berasa udah deket, dia langsung cabut balik. Pas gw jalan kaki, koq gak nyampe nyampe juga… ternyata jauh bangeeeet… kaki udah gempor, mau naek angkutan umum, takut tambah nyasar, naek ojek sayang duit.

Gw terusin tuh jalan, nyari pintu masuk tuh Ruko aja syusyahnya minta ampun, gede banget sih. Akhirnya nemu pintu masuk, gw masuk lah, eh di dalem Ruko pun nyasar lagi, gw aja lupa kosan temen gw itu di daerah mana si Ruko, beuh, muter muter dah gw di dalem, lama banget. Gw telpon temen gw, buat nanya alamat, eeeh dia juga gak apal alamat jalan besar kosan nya sendiri, parah emang. Gw telusuri tuh semua blok Ruko, sampe nemu tanda tanda yang bisa gw kenali buat menuju kosan temen gw. Tapi akhirnya nemu juga, jalan keluar, trus masuk ke gang kosan temen gw. Sampe kosan temen gw belom balik, dan gw yang bawa konci kamar dia buat antisipasi, klo gw balik duluan, dan ternyata emang gw duluan yang balik. Sampe kosan, mandi, bersih bersih dan…

Tidur…

Dedicated to @zikrizikri , temen yang udah ngebolehin nebeng di kosan.

Leave a Reply

